Categories : Artikel

 

Sepertinya kawan-kawan motivator bisnis telah sukses menjalankan misinya, sehingga banyak yang kebingungan dan bertanya “Bagaimana memulai usaha?” Setidaknya itu merupakan salah satu pertanyaan yang cukup sering diajukan kepada JalanPengusaha. Pertanyaan ini sederhana, namun pembahasannya tidak sesederhana itu. Lagi pula, bila berbisnis itu mudah dan sederhana, tentunya semua orang sudah berbisnis, ‘kan?

Seringkali orang yang hendak memulai usaha, namun kebingungan usaha apa yang hendak ditekuni dan sekiranya cocok. Bila Anda menyempatkan diri berjalan-jalan di toko buku, maka akan dapat Anda jumpai mulai bermunculannya buku-buku dengan topik kumpulan ide bisnis.

Kami tidak tahu bagaimana buku-buku tersebut menyajikan ide bisnis. Setidaknya, ada beberapa hal penting yang harus dibahas dalam buku tersebut. Agar tidak terlalu rumit, kami hanya bahas dua saja, yaitu : Target pasar (konsumen) dan bagaimana menjangkau mereka. Bila buku tersebut tidak membahas, maka bersiap-siaplah Anda akan susah payah mencari pembeli, apalagi bila sudah banyak orang yang menawarkan produk/jasa yang sama.

Terlepas apakah ide-ide dalam buku-buku tersebut dapat dipraktikan dengan mudah atau tidak, mari kita gunakan buku-buku dengan topik tersebut sebagai contoh kasus.

Menjual Buku Ide Bisnis

Ada sebuah permasalahan yang dialami oleh cukup banyak orang yang hendak memulai usaha, yaitu mau melakukan usaha apa. Hal ini dapat dengan mudah diketahui dari berbagai mailing list (milis), forum, ngobrol antar teman, tetangga atau anggota komunitas.

Anda dapat mengujinya dengan mengajukan pertanyaan : “Kamu ingin punya usaha?”. Biasanya hampir semua orang akan menjawab, “Ingin” (sekali lagi terima kasih kepada kawan-kawan motivator bisnis). Ada kemungkinan mereka akan melanjutkan, meski tidak ditanya, “Tapi saya bingung mau usaha apa, yah”.

Setelah mendapatkan apa yang menjadi masalah atau kebutuhan pasar, maka Anda mulai merangkum berbagai ide usaha dari berbagai media, entah majalah, buku ataupun hasil berselancar di internet. Rangkuman tersebut kemudian dijadikan buku cetak atau buku elektronik.

Buku yang sudah jadi, tidak serta-merta akan diserbu oleh pasar. Hampir mustahil! Anda perlu mengkomunikasikannya kepada pasar yang sudah Anda incar. Dimanakah menjangkau mereka? Carilah di mana biasa mereka berkumpul. Dalam kasus ini, dari mana Anda mengetahui masalah-masalah mereka (milis, forum, dll).

Sekarang Anda sudah memiliki produk yang dibutuhkan oleh pasar dan Anda dapat menjangkau mereka. Inilah cara memulai bisnis yang paling ideal dan aman, dengan membuat produk yang memang sudah dibutuhkan oleh pasar.

Mungkinkah membuat produk/jasa yang belum dibutuhkan oleh pasar? Mungkin! Tetapi Anda perlu ‘napas panjang’ (baca : banyak uang dan waktu) untuk mencari targer pasar yang cocok dan mendidik mereka sehingga produk/jasa Anda menjadi pilihan utama pasar.

Lalu, dengan cara yang bagaimanakah Anda hendak memulai usaha Anda?

Mari berdiskusi melalui Android Apps Jalan Pengusaha. Silahkan unduh GRATIS di http://bit.ly/apps9jp

 Posted on : 02/09/2013

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.