Categories : Artikel

 

Pemilu Indonesia di tahun 2014 ini sungguh memiliki keunikan tersendiri. Beberapa bos media turun dalam kancah Capres (Calon Presiden) dan Cawapres (Calon Wakil Presiden) dari partai yang berbeda-beda; seniman senior asli Indonesia pun turun meramaikan bursa Capres tahun 2014. Bahkan ada pula sosok fenomenal yang dalam kurun waktu singkat naik menjadi Capres dari salah satu partai besar.

Akibatnya, Perang Bintang pun terjadi. Dapat dengan mudah dilihat di berbagai situs online dan social media, para pendukung masing-masing Capres yang satu akan mencibir pemberitaan mengenai Capres lainnya. Perilaku ini terkadang terlihat lucu bahkan kadang menggemaskan. Namun ada satu kebenaran penting yang perlu dicamkan oleh kita semua dibalik segala hiruk-pikuk Pemilu Indonesia.

 

Kebenaran Fundamental

Beberapa tahun yang lalu, penulis mengikuti sebuah seminar bisnis motivasional-kepemimpinan. Seminar yang berlangsung beberapa hari tersebut menampilkan berbagai pembicara; salah satunya pembicara internasional Doug Wead yang memiliki latar belakang poltik, bisnis sekaligus kemanusiaan.

Malam itu Doug membuka pembicaraan mengenai hasil Pemilu tahun 2004, di mana saat itu untuk pertama kalinya Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Lebih lanjut Doug menjelaskan bahwa siapa pun yang menjadi Presiden tidak akan mengubah nasib setiap orang, melainkan hanya pada sebagian orang, bukan semua orang.

Meskipun Doug tidak menjelaskan lebih lanjut apa maksudnya. Namun penulis dapat menerka apa yang hendak ia sampaikan. Setiap partai dan Capres-Cawapresnya tentu memiliki program untuk lima tahun ke depan. Program yang diusung tentunya berfokus pada sebagian hal yang dianggap penting oleh partai. Tentunya bila usaha Anda termasuk dalam program yang diusung, otomatis usaha Anda akan mendapatkan manfaat. Nah, bagaimana bila usaha Anda tidak termasuk dalam program?

 

Pilih yang Mana?

Siapa pun partai yang menang. Siapa pun Presiden yang terpilih. Jangan pernah berharap bahwa iklim usaha akan langsung menjadi lebih baik, lebih ramah dan lebih mudah. Adalah tanggungjawab kita untuk mengubah nasib kita sendiri, termasuk bisnis Anda. Bukan Presiden, bukan DPR, bukan siapapun kecuali diri kita sendiri.

Mari berdiskusi melalui Android Apps Jalan Pengusaha. Silahkan unduh GRATIS di http://bit.ly/apps9jp

 Posted on : 01/04/2014

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.