Categories : Artikel

 

Ada banyak nasihat strategi dan manajemen dari berbagai pemimpin bisnis. Namun, berbagai nasihat mereka kini dipertanyakan dan dinilai tidak praktis. Bahkan, perusahaan-perusahaan yang pernah diulas sebagai perusahaan yang hebat, kini sudah tidak lagi menjadi hebat. Artinya, kunci penting agar sebuah organisasi dapat menjadi hebat, apalagi luar biasa, masih belum terkuak.

Beberapa tahun lalu, salah satu konsultan bisnis ternama dari Harvard terpaksa menjual usaha konsultannya. Sungguh sesuatu yang ironis sekali. Bertahun-tahun ia memberikan nasihat kepada berbagai perusahaan, namun perusahaannya sendiri tidak dapat diselamatkan menggunakan nasihat yang dia jual selama ini.

Beranjak dari frustasi terhadap para “guru” bisnis, Michael Raynor & Mumtaz Ahmed melakukan studi statistik ketat terhadap ribuan perusahaan. Keduanya menemukan benang merah dari perusahaan-perusahaan yang benar-benar luar biasa. Ada 3 ATURAN dasar agar perusahaan dapat menjadi benar-benar LUAR BIASA :

  1. Better Before Cheaper – Lakukan diferensiasi selain diferensiasi harga.
  2. Revenue Before Cost – Prioritaskan peningkatan pendapatan dari sekedar pangkas biaya/efisiensi.
  3. There Are No Other Rules – Ubah apapun yang perlu diubah, ikuti aturan 1 dan 2.

Ketiga aturan ini dapat dirangkum menjadi :

Selama masa hidup perusahaan Anda, selama itu pula Anda perlu terus fokus pada Diferensiasi & Peningkatan Pendapatan.

 

Pandangan JalanPengusaha

Sepertinya aturan-aturan tersebut terkesan sederhana, tetapi pelaksanaannya tidak mudah. Biasanya orang akan memilih cara yang paling mudah untuk dilakukan alih-alih harus berpikir keras. Padahal, cara termudah belum tentu dapat menyelamatkan usaha dalam jangka panjang.

Ketika Anda memposisikan usaha Anda sebagai solusi yang termurah, tentunya akan ada kompensasinya. Selain itu, tidak sedikit orang yang juga mengadopsi strategi harga murah. Diferensiasi dapat membuat harga tidak lagi menjadi terlalu sensitif dan margin keuntungan menjadi lebih besar.

Pemangkasan biaya yang berlebihan memang dapat berdampak baik dalam jangka pendek. Seolah-olah keuangan perusahaan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Namun dapat berdampak kurang baik untuk jangka panjang. Perusahaan akan bergerak dengan kekuatan yang kurang optimal. Pemangkasan biaya hendaknya dilakukan secara bijaksana terhadap penggunaan sumber daya yang berlebih atau yang tidak dibutuhkan.

JalanPengusaha merekomendasikan Anda untuk membaca ringkasan artikel Three Rules for Making a Company Truly Great di http://hbr.org/2013/04/three-rules-for-making-a-company-truly-great/

Mari berdiskusi melalui Android Apps Jalan Pengusaha. Silahkan unduh GRATIS di http://bit.ly/apps9jp

 Posted on : 27/03/2014
Tags :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.