Startups that succeed are those that manage to iterate enough times before running out of resources

Eric Ries

workshop-fdteKira-kira ada berapa banyak ide bisnis yang hanya terpendam dalam benak seseorang di luar sana? Lalu tiba-tiba ada orang lain yang tidak saling kenal ternyata malah berhasil mewujudkan ide bisnis tersebut dengan sukses?

Anda mengerti maksud saya?

Sebuah ide bisnis memang tidak serta merta dapat langsung berhasil ketika dieksekusi. Tapi juga tidak berarti membiarkannya mengendap terlalu lama hingga orang lain yang mengambil peluang tersebut.

Ada banyak alasan mengapa seseorang tidak segera mewujudkan ide bisnisnya. Banyak yang menjawab karena masalah modal. Tetapi alasan di balik itu yang sebenarnya adalah takut gagal. Apalagi bila harus melibatkan modal yang besar.

Bila tidak melibatkan modal maka biasanya berhubungan dengan alokasi waktu. Mereka dihadapkan pada pilihan. Mempertahankan atau meninggalkan profesi yang sudah menghasilkan di saat sekarang. Sementara bisnis yang sedang dibangun belum tentu menghasilkan.

Pertanyaannya adalah adakah cara untuk mengatasi persoalan di atas? Jawabannya… Ada!

Link & Match Dunia Akademisi dengan Dunia Bisnis

Metode penelitian dalam dunia akademisi telah menghasilkan berbagai model bisnis yang dapat dipakai dan digunakan dalam dunia usaha. Untuk memudahkan pemahaman maka dibuatlah sebuah model generik untuk menyederhanakan pesan yang ingin disampaikan.

Sayangnya, karena keterbatasan para praktisi yang mampu menjelaskan dan menjembatani pertanyaan dari dunia usaha menjadikan sebagian Model Bisnis ini hanyalah menarik dibahas dalam ruang kelas saja. Kenyataannya tidaklah demikian.

Justru Teori dan Model Bisnis tersebut harus dapat diterapkan dalam dunia nyata. Karena lahirnya model-model bisnis tersebut merupakan hasil pengamatan dunia akademisi terhadap dunia bisnis yang nyata.

Oleh karena itu, idealnya sebuah ide bisnis haruslah diuji dahulu dalam berbagai Model Bisnis agar dapat diperbaiki dan dipertajam sebelum kemudian diujicobakan ke dalam dunia nyata. Fakta membuktikan, telah banyak perusahaan berhasil menghemat kerugian yang jauh lebih besar karena menerapkan berbagai model yang dihasilkan dunia akademisi.

Jadi apapun ide bisnis Anda, segera uji dahulu dengan minimal Teori dan Model Bisnis yang dapat Anda pakai berikut ini:

  1. Business Canvas Model

  2. Blue Ocean Strategy Model

  3. Balanced Scorecard

 Posted on : 12/08/2013